• MI. MAMBAUL ULUM KASRI
  • Mandiri Berprestasi

Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kabupaten Malang

Keberhasilan pendidikan agama di madrasah ditentukan oleh profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, berkaitan dengan peningkatan profesionalisme tersebut kepala madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum menerapkan strategi kepemimpinan demokratis yang cukup efektif dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di lembaganya sehingga segala upaya meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Isam sangat menarik untuk diteliti. Salah satu upaya itu adalah Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang bersifat alami dan ditampilkan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profesionalisme guru Pendidikan Agama Isam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Bululawang Malang cukup memadai dengan beberapa indicator guru Pendidikan Agama Isam sesuai kualifikasi dan tersertifikasi; membuat perencanaan pembelajaran (2) Strategi yang digunakan kepala madrasah: keteladanan, disiplin, motivasi, Focus Group Discussion (FGD), supervisi; (3) pelaksanaan kepemimpinan demokratis dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah sebagai edukator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator.

Sebuah Jurnal Ilmiah yang sangat bagus karya dari Ibu Sumainah, M.Pd. (Pengawas Sekolah Madya Madrasah Tingkat Dasar Kementerian Agama Kab. Malang) sebagai motivasi bagi Kepala Madrasah dan Guru dimanapun berada.

(Foto : diambil saat kegiatan PKKM di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Tahun 2021)

Komentari Tulisan Ini